Materi Karakteristik Negara Maju dan Berkembang

Indikator Negara Maju dan Negara Berkembang
Untuk menentukan atau membedakan negara maju dan negara berkembang sangat sulit sekali. Negara maju dan negara berkembang itu bersifat temporer karena sewaktu-waktu yang tadinya sebagai negara berkembang bisa saja nantinya menjadi negara maju. Biasanya untuk membedakan negara maju dan negara berkembang dilihat dari kegunaan teknologi dan tingkat perekonomiannya. Untuk hal tersebut, perhatikan perbedaan negara maju dan negara berkembang berikut ini.

Berdasarkan keputusan PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa), klasifikasi negara berkembang digolongkan menjadi 3 golongan, yaitu:1.      negara paling terbelakang (least developed) sebanyak 44 negara paling miskin2.      negara sedang berkembang (developing nations) bukan pengekspor minyak,  sebanyak 88 negara3.      negara kaya sebagai pengekspor minyak yang tergabung dalam OPEC (Organization of Petroleum Exporting Countries) sebanyak 13 negara.
Berdasarkan klasifikasi yang dikemukakan oleh Bank Dunia (World Bank) membagi negara maju dan negara berkembang didasarkan pada negara berpenduduk lebih dari 1 juta orang sebanyak 133 negara dengan kriteria pendapatan per kapitanya (GNP atau Gross National Product), yaitu:
1.      negara-negara berpendapatan tinggi, GNP per kapitanya sebesar lebih dari $9.655 (dolar);2.      negara-negara berpendapatan menengah tinggi, GNP per kapitanya sebesar $3.126 – $9.655 (dolar)3.      negara-negara berpendapatan menengah, GNP per kapitanya sebesar $786 – 3.125 (dolar);4.      negara-negara berpendapatan rendah, GNP per kapitanya sebesar kurang dari $786 (dolar).
Negara-negara berpendapatan tinggi seperti tersebut di atas sebanyak 26 negara, yaitu:1.      negara maju (negara dunia pertama) sebanyak 24 negara2.      dua negara berkembang berpendapatan tinggi, yaitu Kuwait dan Uni Emirat Arab.
Negara-negara berpendapatan menengah tinggi, menengah, dan rendah seperti tersebut di atas, biasa disebut negara-negara Dunia Ketiga yang terdiri atas 107 negara. Negara-negara Dunia Ketiga, mempunyai persamaan program, di antaranya:
1.      mengatasi pengangguran;2.      mencukupi pangan, papan, pendidikan bagi penduduk;3.      mengusahakan pemerataan pendapatan; 4.   menjaga keutuhan berbangsa dan bernegara.

Tinggalkan komentar

shares