in

Materi Pola Pertumbuhan Ekonomi di Negara Maju dan Berkembang

Pola Pertumbuhan Ekonomi Di Negara Maju
1.  Perekonomian Negara InggrisMeskipun Inggris sudah menjadi negara industri, tetapi masih didukung dari sektor lainnya, yaitu dari pertanian, peternakan, pertambangan, perindustrian, dan pariwisata.
(a) PertanianHasil pertanian yang utama adalah gandum (wheat), oats (sejenis gandum), kentang, dan buah-buahan. Lumbung gandum (daerah penghasil gandum yang terbanyak) terdapat di dataran rendah Mid-land, Wash Basin, dan Thames. Di Scotlandia, ladang gandum terdapatdi Edinburgh, Falkirk, dan Perth Selatan.
(b) Peternakan
(1) Lembu atau sapi,diternakkan di dataran rendah Cheshire, Somerset,dan Dorset. Produksi susu sapi terdapat di Lancashire, produksinya dipasarkan di London.
(2) Biri-biri,diternakkan di Dataran Tinggi Scotlandia Selatan. Perbukitan Chevoit, Pegunungan Lake District (Pegunungan Cambrian), Dataran Tinggi Penine, Pegunungan Wales (PegununganCambrian), Centerbury, dan Folkstone.
(c) PerikananPerairan Inggris kaya akan berbagai jenis ikan laut, tetapi yang diekspor, yaitu jenis ikan herringmackarel dan haddock. Pelabuhan ekspor ikan adalah Grimsby, Hull, Aberdeen, Fleetwood, Milford, dan Leerwick.
(d) Pertambangan(1) Batu bara, di Lanarkshire, Pegunungan Penine, Stafford,Pegunungan Cambrian Selatan.(2) Jenis pertambangan lainnya, terdapat di:
(a) Semenanjung barat daya Inggris, yaitu timah putih, tembaga, mangan;(b) Pegunungan Cambrian Utara dan Timur, yaitu tembaga, timah hitam, seng, dan mangan;(c) Pegunungan Penine, yaitu timah hitam, tembaga, bijih besi, dan seng;(d) Midland, yaitu timah hitam, tembaga, dan bijih besi.
(e) Perindustrian(1) Industri tekstil, dengan bahan baku kapas terdapat di Lancashire, Glasgow, dan Manchester, sedangkan kapasnya diimpor dari India, Mesir, Sudan, Afrika Selatan, Brazilia, dan AS. Industri kain wool, terdapat di Brandford, Leeds. Industri sutera tiruan, terdapatdi Yorkshire, Lancashire.
(2) Industri logam (metal), terdapat di a.       Glasgow (industri lokomotif);b.      Peasly, Greenock, New Castle, London (industri galangan kapal);c.       daerah Black Country berpusat di Birmingham (industri lokomotif, gerbong dan rel kereta api, mesin mobil, mesin atau alat-alat pertanian, serta mesin tenun atau pemintalan barang);d.      London, Birmingham, Oxford (industri mesin-mesin mobil, dan pesawat terbang);e.       London (industri kimia, yaitu bat-obatan, sabun, detergen, cat, alat-alat kosmetik);f.       Birmingham (industri ban, dan kereta api);g.      Leeds, Sheffield, London (industri alat-alat elektronik, alat-alat rumah tangga, perkakas pertanian, makanan dalam kaleng, dan mainan anak-anak);h.      Rogerstone, Wales (industri peleburan aluminium).
(3) Ekspor Inggris adalah mesin-mesin, barang kimia, wool dan tekstil, mobil dan truk, pesawat terbang, mesin pertanian, dan alat-alat elektronik.
(4) Impornya adalah minyak bumi, kapas, karet, tembakau, belerang, dan bijih besi.
(f) PariwisataSektor pariwisata juga merupakan sektor yang mendatangkan devisa negara Inggris. Turisnya, baik domestik maupun dari luar negeri. Tempat-tempat rekreasi yang terkenal adalah:
1)      Pulau Weight, di Selat Channel, dengan ombak laut yang tenang, pantainya landai sehingga banyak yang berekreasi pantai pada musim panas;2)      Brighton, Hastings, yang merupakan kota pantai di pantai selatan Inggris di Selat Dover, dilengkapi fasilitas pemandian laut;3)      Scotlandia, tempat rekreasinya adalah pantai yang curam dan berliku-liku teluknya menjorok jauh ke darat yang disebut fyord;4)      wilayah pegunungan di Wales dan Lake District pemandangannya indah dan pada waktu musim dingin digunakan untuk bermain ski es;5)      Dataran Tinggi Scotlandia, tempat rekreasi berkuda sambil menikmati pemandangan yang indah pada musim semi.
Untuk memperkuat perekonomiannya, Inggris masuk perserikatan ekonomi yang disebut EEC (Europen Economic Community) atau Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE) yang didirikan tahun 1957 (efektif sejak 1 Januari 1958) di Roma. Perserikatan tersebut didirikan atas kesepakatan Jerman, Belgia, Perancis, Italia, Luxemburg, dan Belanda. Pada tahun 1972, Denmark, Inggris, dan Irlandia bergabung ke dalam EEC tersebut
2. Perekonomian Negara JermanRevolusi industri di Inggris dan Jerman waktu perkembangannya hampir sama sehingga pada abad ke-19, kedua negara itu tampil menjadi negara industri terkemuka di Eropa dan dunia. Pada akhir Perang Dunia II, selain Jerman pecah menjadi dua negara, perekonomian di kedua negara itu juga hancur. Namun, dalam waktu yang relatif singkat, Jerman kembali tampilmenjadi negara industri terkemuka di dunia.
a) Pertanian dan PeternakanOrang Jerman adalah petani dan peternak yang baik. Teknik pertanian sistem intensifikasi dan diversifikasi dilaksanakan sejak berkembangnya revolusi industri. Namun, dewasa ini hanya sekitar 6% dari jumlah seluruh angkatan kerja yang terlibat dalam kegiatan pertanian. Sekalipun demikian, produksinya dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri. Hal ini berkatmekanisme dan tingkat budi daya petani yang sudah tinggi. Daerah pertanian banyak diusahakan di bekas wilayah Jerman Barat. Budi daya pertanian, peternakan, perikanan, dan kehutanan, antara lain sebagai berikut.
1.      Dari sektor pertanian diperoleh hasil, terutama padi-padian (terdapat di Pegunungan Alpen dan Bavaria Utara), gandum (terdapat di Jerman bagian selatan), gandum hitam (terdapat di Jerman bagian utara), kentang (terdapat Perbukitan Weser, Wesfalen, dan Luneburg Heide). Bit gula terdapat di kawasan tanah loss di sekitar Hannover, Braunscweig, dan “Teluk” Koln. Buah-buahan, seperti anggur terdapat di Lembah Sungai Rhein, Lembah Sungai Mosel, Heilbronn di utara Stuttgart, dan bagian tengah Lembah Sungai Main, sedangkan buah-buahan lainnya terdapat di Lembah Sungai Rhein, Dataran Tinggi “Teluk” Koln, dan sepanjang Lembah Sungai Elbe.2.      Dari sektor peternakan diperoleh hasil, terutama sapi potong (daging), sapi perah (susu), biri-biri, babi, kuda, dan ayam ras.3.      Dari sektor perikanan diperoleh hasil aneka macam laut pelabuhan nelayan dan industri pengolahan ikan berpusat di Bremenhaven di pantai Latu Utara dan Rostock di Laut Baltik.4.      Sektor kehutanan, sekitar 40% luas lahan di Jerman berupa areal kehutanan yang pemanfaatannya diimbangi dengan program penghijauan, sehingga kelestariannya terjamin baik. Daerah kehutanan terdapat di Dataran Tinggi Pegunungan Harz (hutan Thuringen Pegunungan Erzgebirge, dan di selatan Berlin, yaitu Bukit Lausitz.
b) Sektor PertambanganBumi Jerman kaya akan endapan bahan galian bernilai ekonomi. Persebaran jenis mineral energi, mineral logam, dan bukan logam
c) Sektor PerindustrianSeperti halnya di Inggris, di Jerman pun dikembangkan konsentrasi industri vertikal, seperti di industri logam, mesin, dan barang-barang modal yang berpusat di lingkungan yang berdekatan dengan pusat pertambangan dan sumber tenaga. Kota-kota industri terpenting di Jerman, antara lain sebagai berikut.
1.      Ruhr merupakan daerah konsentrasi industri vertikal terbesar di Jerman di daerah ini, di kota-kota industri seperti Dortmund, Koln, Bonn, dan Essen terdapat aneka macam industri.2.      Kiel, Hamburg, Bremen, Stettin, dan Rostock selain sebagai kota pelabuhan juga terkenal sebagai kota industri  kapal maritim3.      Chemnitz, Leipzig, dan Dresden merupakan kota pusat industri suku cadang mesin.4.      Stuttgart, Munchen, Nurnberg, Frankfurt, Koln, Hannover, dan Hamburg merupakan kota-kota industri perakitan mesin dan industri ringan.5.      Wolfsburg-Braunschweig di Lower Saxony merupakan pusat industri perakitan mobil Volkswagen, sedangkan di Stuttgart terdapat pusat industri perakitan Mercedes Benz.6.      Wilayah barat seperti di Frankfurt, Leverkusen, dan Ludwigshafen merupakan kota-kota pusat industri kimia. Di wilayah timur terdapat kawasan Halle dan di Gubin di tepi Sungai Neisse.7.      Nordhorn, Stuttgart, Ulm Wupperta,  Augsburg, Kaufbeuren, Bielefeld, dan Kassel merupakan kota-kota pusat industri tekstil.8.       Wetzlar, Oberkochen, dan Munchen merupakan kota-kota pusat industri optik
3) Perekonomian Negara Amerika

Advertisement
Ekonomi Amerika Serikat kuat disebabkan diusahakan oleh swasta dan hak milik swasta, pengaruh dari pemerintah dibatasi. Demikian juga sarana umum, seperti kereta api, listrik, TV, telegram, dan telepon ada di tangan swasta.
a) PertanianPertanian kebanyakan dikerjakan dengan mesin (mekanisasi). Hasil dari pertaniannya adalah sebagai berikut:
1.      buah-buahan Mediteran, ditanam di Semenanjung Florida dan California, juga sayur-sayuran2.      beras dan tebu, ditanam di daerah pantai selatan Central Plain;3.      gandun musim dingin dan jagung, ditanam di Kansas, Tennessee, Kentucky, Missouri;4.      gandum musim semi, ditanam di negara bagian South Dakota dan North Dakota5.      daerah jagung (corn belt), yaitu jagung yang ditanam untuk makanan ternak terdapat di Ohio, Indiana, Illinois, Iowa, dan Nebraska6.      daerah kapas (cotton belt), terdapat di Arkansas, Missisippi, California, dan Texas;7.      tembakau, ditanam di North California, South California, Kentucky, Georgia, Virginia, dan Tennessee.
b) PeternakanPeternakan di Amerika Serikat meliputi:1.    sapi, diternakkan di padang rumput Lereng Pegunungan Rocky, terutama sapi perah untuk susu;2.    babi dan sapi potong, diternak di daerah Corn Belt;3.    biri-biri, diternakkan di padang rumput Texas, hasilnya adalah wool.
Amerika adalah penghasil daging, susu, dan hasil susu (keju, mentega) terbesar di dunia.
c) PerikananBagian utara pantai Atlantik, yaitu di wilayah New Foundland merupakan daerah perikanan. Kota pelabuhan ikan terdapat di Boston.
d) PertambanganBeberapa barang tambang yang diusahakan di Amerika Serikat adalah:
1.     bijih besi terdapat di Pegunungan Alleghany, di sekitar Danau Superior dan Messabi Range;2.     tembaga, ditambang di Arizona, Utah, dan Montana3.     minyak bumi, ditambang di New Mexico, Pennsylvania, California, New Mexico, Texas, Lousiana, Oklahoma, dan Kansas4.     batu bara merupakan hasil tambang terbesar di dunia, terdapat di Indiana, Michigan, Iowa, Illinois, Oklahoma, Missouri, Kentucky, West Virginia, Pennsylvania Barat, dan Detroit5.     timah hitam, bauksit, seng, terdapat di sebelah barat pertemuan Sungai Missisippi dengan Ohio.
e) PerindustrianDalam perindustrian, Amerika Serikat adalah merupakan negara yang kuat, ditunjang oleh modal banyak, tersedianya bahan mentah dan sumber energi, serta tenaga terampil dan tenaga ahli yang banyak. Industri-industri di Amerika Serikat adalah sebagai berikut:
1.     San Diego, industri pesawat terbang2.     Chicago, Buffalo, Detroit, Cleveland, tempat industri pengalengan daging, bahan kimia, mesin-mesin, dan mobil3.     Ford, terdapat industri mobil4.     Cleveland, Duluth, Pittsburg, terdapat industri logam (besi-baja);5.     Philadelphia, New York, Baltimore tempat industri alat-alat listrik, penyulingan minyak, bahan kimia, galangan kapal, dan tekstil;6.     Memphis, St. Louise, Kansas City, Cincinanti, Mineapolis tempat industri pengolahan hasil pertanian.7.     Boston, Providance, tempat industri tekstil, mesin-mesin, dan sepatu.
f) PariwisataSektor pariwisata di Amerika Serikat merupakan sektor yang mendatangkan devisa negara, misalnya:
1.    Alaska merupakan daerah wisata tempat bermain ski es dan tempat olahraga berburu rubah;2.    Hawaii merupakan negara bagian Amerika Serikat berupa kepulauan yang banyak dikunjungi turis;3.    air terjun Niagara, tempat wisata yang sangat menarik4.    Grand Canyon of Colorado, ngarai yang dalam dan berliku-liku sangat indah pemandangannya5.    geyser (sumber air panas yang memancar) terdapat di Taman Nasional Yellowstone (Yellowstone National Park)6.    Lereng Pegunungan Rocky dengan padang rumput tempat rekreasi berkuda7.    Pantai Miami, wisata pantai yang banyak pengunjungnya.
4) Perekonomian Di Negara JepangSumber penghidupan dan kemakmuran penduduk negeri ini sebagian besar dari usaha pertanian, perindustrian dan perdagangan.
a) Pertanian, Peternakan dan Perikanan LautDataran tinggi yang bergunung-gunung dengan lereng-lereng curam dan lembah-lembah dalam berikut sebaran gunung api aktif sebagian besar dijadikan hutan pelindung. Di lembah-lembah landai yang sempit dan bagian kecil dataran rendah inilah dijadikan lahan pertanian, perkebunan, dan peternakan.
Luas lahan pertanian makin menyempit karena banyak dialihfungsikan untuk bangunan-bangunan pabrik. Akibatnya, para petani hanya memiliki lahan garapan yang sempit. Intensifikasi dan diversifikasi pertanian telah sejak lama dilaksanakan di negeri ini. Lahan pertanian, terutama ditanami jenis gandum, padi, sayuran yang hasilnya kurang memenuhi kebutuhan penduduk dalam negeri. Peternakan terutama mengembangkan ulat sutra,sapi perah, ayam ras, dan lain-lain.
Di bidang perikanan laut, nelayan bangsa Jepang paling maju di Asia. Penyebabnya mungkin karena memiliki daerah-daerah tangkapan ikan yang potensial dan bangsa Jepang terkenal sebagai pemakan ikan yang kuat.
b) PerindustrianMeskipun Jepang buminya miskin bahan mentah industri, namun program pembangunan jangka pendek maupun jangka panjang lebih dititikberatkan pada sektor perindustrian karena:
1.     jumlah dan kepadatan penduduk tinggi;2.     perindustrian menyerap banyak tenaga kerja; dan3.     lahan pertanian yang sempit kurang memungkinkan untuk kemakmuran.
Oleh karena itu, lebih 90% dari seluruh angkatan kerja, bekerja di sektor perindustrian dan memadati kota-kota pusat perindustrian. Di kota-kota pusat peridustrian inilah dihasilkan aneka macam barang industri, di antaranya tekstil, barang-barang elektronika, barang otomotif (aneka kendaraan bermotor roda dua dan empat), lokomotif, kereta api, pesawat udara, kapal maritim, aneka macam mesin pabrik, obat-obatan sampai mainan anak-anak.
c) PerdaganganKesemua barang-barang industri tersebut dipasarkan ke negara-negara di Asia, Afrika, Amerika Latin, bahkan ke negara-negara di Amerika Utara dan Eropa. Produk industri Jepang memasuki pasaran dunia, menjadi tulang punggung perekonomian negara dan menjadi sumber kemakmuran utama.

Advertisement

Written by Ningsih

hidup adalah yadnya dan tidak ada yadnya yang sia-sia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Materi Karakteristik Negara Maju dan Berkembang

Materi Jalinan Kerjasama Ekonomi Yang Saling Menguntungkan Antara Indonesia Dengan Negara Sahabat