in

Materi Sebaran Negara Maju dan Berkembang

Keadaan suatu negara itu sebenarnya tidak tetap, karena negara yang tadinya merupakan negara berkembang, bisa saja menjadi negara maju Negara-negara berikut ini adalah contoh Negara Maju, yaitu Inggris, Jerman, Amerika Serikat, Jepang


A. InggrisInggris (Britania Raya atau Great Britain) adalah suatu negara kepulauan di Eropa bagian barat yang langsung berbatasan dengan Samudera Atlantik. Ibu kotanya London.Kepulauan Inggris (tidak termasuk Irlandia Utara), terdiri atas sebuah pulau besar yang di dalamnya terdapat tiga negara bagian, yaitu England (terluas), Wales, Scotlandia dan ditambah wilayah di luar pulau, yaitu bagian Irlandia Utara (Ulster). Beberapa pulau kecil yang membentuk Kepulauan Inggris adalah:
1.      Kepulauan Shetland, terdiri atas Pulau Unst, Pulau Fetlar, Pulau Yell, Pulau Mainland, dan Pulau Foula;2.      Kepulauan Orkney, terdiri atas Pulau Westray, Pulau Sanday, Pulau Rousay, Pulau Stronsay, Pulau Hoy, dan Pulau Ronaldsay;3.      Kepulauan Hebrides Luar (Outer Hebrides), terdiri atas Pulau Lewis, Pulau North Uis, Pulau South Uis, Pulau Bara, dan Pulau Vatersay;4.      Kepulauan Hebrides Dalam (Inner Hebrides), terdiri atas Pulau Skye, Pulau Canna, Pulau Rhum, Pulau Coll, dan Pulau Tiree;5.      Pulau Mull, Pulau Jura, Pulau Islay, dan Pulau Arran;6.      Pulau Man (di Laut Irish);7.      Pulau Wight (di Selat Channel atau Selat Inggris).
1) Letak GeografisSecara astronomis, Inggris terletak antara 50 LU – 60 LU dan 830’ BB – 2 BT. Secara geografis, letak Inggris adalah sebagai berikut:
a)      di sebelah utara adalah Laut Norwegia;b)      di sebelah selatan adalah Samudera Atlantik dan Selat Channel;c)      di sebelah barat adalah Samudera Atlantik dan negara Irlandia (Selat St.Georges);d)     di sebelah timur adalah Laut Utara, Selat Dover, Selat Channel (Selat Inggris).
Luas wilayah Inggris adalah 244.030 km Keadaan alam Inggris mulai dari utara sampai ke selatan adalah sebagai berikut.
a) Pegunungan Schotlandia Utara, terdiri atas:
1)      Dataran tinggi utara dengan bukit-bukit tinggi, misalnya Gunung Ben Hope (1927 m), Gunung Ben Moore (998 m), dan Gunung Ben de Arg (1081 m)2)      Pegunungan Grampian termasuk juga gugus Pegunungan Schotlandia Utara dengan puncak-puncaknya adalah Gunung Ben Macdhui (1.311 m), dan Gunung Ben Nevis (1.343 m). Di sebelah selatan Pegunungan Grampian terdapat lembah yang luas tempat Kota Glasgow dan Edinburgh berada.
b) Pegunungan Tengah, terdiri atas:
(1)   Tanah Tinggi Scotlandia Selatan;(2)   Perbukitan Chevoit;(3)   Pegunungan Lake District;(4)   Gugus Peg. Penine.
c) Pegunungan Wales (Pegunungan Cambrian), terletak di negara bagian Wales. Puncak tertingginya adalah Gunung Snowdown (1.085 m).
d) Pegunungan Exmoor dan Pegunungan Dartmoore, terletak di Semenanjung Cornwall (barat daya Inggris).
e) Perbukitan di bagian tenggara, di antara perbukitan ini terdapat cekungancekungan(basin) yang berupa dataran rendah, misalnya:
(1)   Cekungan Thames, di sekitar Kota Oxford;(2)   Cekungan Thames hilir, di sekitar Kota London;(3)   Wash Basin, terletak di dekat pantai timur.
Di sebelah selatan Pegunungan Penine terdapat dataran rendah Midland yang dialiri oleh Sungai Severn dan Sungai Trent. Dataran rendah Midland, Wash Basin dan Thames tanahnya sangat subur dengan curah hujan antara 50 – 76 cm/tahun, sehingga menjadi lumbung gandum dan kentang. Sungai-sungai di Inggris yang besar adalah Sungai Thames, SungaiTrent, Sungai Severn (berestuarium atau muara sungai berbentuk corong), Sungai Exe, Mersey, Clyde, Tyne Tees, dan Humber. Untuk memperlancar perhubungan melalui sungai dibuatlah terusan-terusan (kanal), misalnya:
(1)   Manchester Ship Canal, yaitu menghubungkan Liverpool-Manchester-Leeds-Hull;(2)   Leeds dan Liverpool, yaitu menghubungkan London-Leicester dan London Birmingham;(3)   Union, yaitu menghubungkan Chester-Wolverhampton.
Pantai Pulau Inggris sangat berliku-liku, banyak teluknya yang menjorok ke arah darat. Daerah Schotland pantainya banyak mempunyai fyord (teluk yang berliku-liku jauh menjorok ke darat).
2) IklimIklim di Inggris adalah iklim laut sedang yang sangat banyak dipengaruhi oleh angin laut. Di pesisir timur dan dataran rendah Midland, Wash Basin dan Thames curah hujannya sekitar 50- 101 cm/tahun. Di pesisir barat bercurah hujan 101- 203 cm/tahun. Di daerah-daerah pegunungan, curah hujannya antara 76 – 90 cm/tahun.
Daerah yang paling sedikit curah hujannya adalah bagian tenggara. Suhu terendah mencapai 4C dan tertinggi 15C. Kadang-kadang terjadi musim dingin yang suhunya mencapai -10C. Banyaknya curah hujan sepanjang tahun di Inggris, disebabkan pengaruh angin barat yang banyak membawa uap air dan bertiup sepanjang tahun tiba di pantai barat Inggris setelah melalui arus laut panas, Arus Atlantik Utara (Arus Teluk, Gulfstream).
3) PendudukTahun 2001, diperkirakan jumlah penduduk Inggris 49.138.831 jiwa maka kepadatan penduduknya mencapai 377 jiwa/km dengan luas wilayah 130.395 km juta. Pendapatan per kapita (GNP = Gross National Product)penduduk pada tahun 1999 sebesar $ 21.194,-. Ini merupakan pendapatan yang sangat besar per kapita penduduk Inggris. Sejak abad ke-15, orang Inggris mencari daerah-daerah baru ke seluruh dunia. Daerah-daerah itu kini telah menyatakan merdeka sebagai negara baru sehingga terbentuklah bangsa-bangsa baru, misalnya Kanada, Amerika Serikat, Australia, dan Selandia Baru. Sekarang, ke Inggris pun berdatangan bangsa-bangsa lain sebagai imigran yang menetap di sana, sehingga bangsa Inggris pun menjadi heterogen karena adanya pembauran. Bahasa resmi Inggris adalah bahasa Inggris. Agama yang dianut adalahProtestan, Anglikanisme, dan Roma Katolik. Mata uangnya adalah Pound Sterling.
4) kebudayaanAntara abad ke-17 sampai abad 18 negara-negara di kawasan Eropa Barat menjadi pusat pertumbuhan kebudayaan dan teknologi di dunia. Dengan ditemukannya batu bara, maka terjadilah revolusi industri di Inggris. Di dalam industri yang tadinya dikerjakan dengan tangan, dengan ditemukannya batu bara maka industri dikerjakan dengan mesin. Demikian juga disusul dengan lahirnya manusia-manusia penemu dan pencipta peralatan-peralatan industri modern. Sumber daya budaya yang tumbuh berkembang sejak abad ke-17 diInggris, merupakan faktor utama yang mempengaruhi kehidupan ekonomi tinggi. Kenyataan ini tercermin dari tingginya GNP per kapita penduduk. Inggris menjadi negara industri yang maju pesat. Demikian juga dalam bidang pendidikan terdapat sekolah-sekolah yang terkenal, misalnya Eton College (Sekolah Menengah). Universitas Oxford, Universitas Cambridge, Universitas London, Universitas Bristol, Universitas Edinburgh, Universitas Glaslow,Universitas Leeds, dan Universitas Manchester.
5) Bentuk PemerintahanNegara Britania Raya (Great Britain atau The United Kingdom), bentuk negaranya adalah kerajaan yang dikepalai oleh kepala negara seorang raja atau ratu. Kepala pemerintahan yang menjalankan pemerintahan sehari-hari dilaksanakan oleh seorang perdana menteri. Raja atau ratu sebagai kepala negara adalah turun-temurun, sedangkan perdana menteri ditunjuk atau dipilih berdasarkan hasil pemilihan umum partai politik di Inggris. Raja atau ratu yang pertama memerintah di Inggris adalah Ratu Anna (tahun 1707). Tahun 1714, terjadi penggabungan Inggris dengan Scotlandia. Tahun 1800, Irlandia Utara dimasukkan ke dalam negara bagian Inggris sampai sekarang. Kerajaan Inggris terdiri atas 3 negara bagian dalam satu pulau, yaitu England, Wales, dan Scotlandia dan satu negara bagian di luar wilayahpulau, yaitu Irlandia Utara (Ulster atau Eire Utara).

B. Jerman

Jerman (Deutschland) wilayah negaranya di Eropa Tengah dan Eropa Barat Laut, membentang dari Laut Baltik dan Laut Utara di sebelah utara hingga Pegunungan Alpen di sebelah selatan. Dahulu Jerman terbagi dua dan dipisahkan oleh tembok Berlin, yaituJerman Barat (Republik Federasi Jerman) dan Jerman Timur (Republik Demokrasi Jerman). Tembok Berlin dibangun pada tahun 1961 setinggi 5 kaki ( 1,52 meter). Jerman Barat di bawah pengaruh Inggris, Perancis dan Amerika Serikat, sedangkan Jerman Timur di bawah pengaruh Rusia. Berlin yang merupakan ibu kota Jerman sebelum terpecah dua, dewasa ini terbelah menjadi dua bagian. Berlin Barat yang menjadi wilayah Jerman Barat terletak di wilayah teritorial Jerman Timur, sedangkan ibu kota Jerman Barat adalah Bonn dan Jerman Timur ibu kotanya Berlin. Sejak 3 Oktober 1990 Jerman Barat dan Jerman Timur bersatu kembali, tembok Berlin dihancurkan 9 November 1989.
1) Keadaan AlamKeadaan alam Jerman adalah sebagai berikut.a.       Jerman bagian utara terdiri dari dataran rendah dengan tanah bergelombang dipenuhi hutan.b.      Daerah pegunungan tengah, terdiri dari pegunungan yang terpisah-pisah dari barat ke timur. Di sebelah barat adalah Gunung Eifel, Gunung Hunsruck. Di sebelah timur Sungai Rhein adalah Gunung Westerwald dan Gunung Taunus. Di sebelah tenggara adalah Pegunungan Hartz, disebelah baratnya hutan Tautoburger. Di sebelah timur laut Gunung Flaming. Di sebelah barat adalah Dataran Rendah Rhein-Atas yang berupa tanah cekungan.c.       Daerah Pegunungan Alpen, di sebelah selatan Sungai Donau tanahnya semakin meninggi dan di suatu ketinggian terdapat daerah morena di dataran Alpen yang merupakan batas Jerman dengan Austria. Morena adalah batu-batuan yang terbawa oleh gletser-gletser (lempeng-lempeng es yang bergerak ke bawah).Sungai-sungai di Jerman sebagian besar mengalir ke utara, yaitu ke Laut Timur dan Laut Utara, misalnya Sungai Elbe, Sungai Oder, Sungai Rhein, Sungai Weser, dan Sungai Ems, sedangkan Sungai Donau mengalir ke Laut Hitam. Sungainya digunakan untuk sarana lalu lintas untuk keperluan industri.
Jerman berada antara 47 16’ LU-55 03’ LU dan antara 5 56’ BT-15 BT. Secara geografis, batas-batas negara Jerman adalah sebagai berikut:a.       sebelah utara dibatasi oleh Laut Baltik, Denmark, dan Laut Utara;b.      sebelah timur dibatasi oleh Polandia, Slovakia, dan Cekoslovakia;c.       sebelah selatan dibatasi oleh Austria dan Swis;d.      sebelah barat dibatasi oleh Belanda, Belgia, Perancis dan Luxemburg.
Adapun luas Jerman lebih kurang 349.223 km yang dibagi menjadi 16 negara bagian.
2) IklimIklim di Jerman biasanya hangat pada musim panas dan sejuk pada musim dingin. Iklimnya juga dibagi dua yaitu iklim kawasan pantai dan kawasan pedalaman. Adanya pengaruh hembusan dari laut maka kawasan pantai lebih sejuk pada musim panas dan lebih hangat pada musim dingin dibandingkan dengan daerah pedalaman. Pada bulan Januari, daerah utaradan barat laut memiliki suhu rata-rata 12 C, sedangkan pada bulan Juli suhu rata-rata 17 – 18 C. Di bagian timur dan selatan pada musim dingin biasanyalebih dingin dan musim panas lebih hangat. Pada bulan Januari suhu rata-rata pada musim dingin -1 C dan pada bulan Juli suhu rata-rata 18C. Curah hujan ditentukan oleh keadaan wilayah setempat. Kawasan dataran rendah di bagian utara dan tengah curah hujannya relatif kering, curah hujannya kurang dari 600 mm per tahun. Kawasan dataran tinggi, misalnya di Pegunungan Hartz, Alpen, Schwarzwald, curah hujannya mencapai lebih dari 2.000 mm per tahun.
3) PendudukJerman adalah bangsa campuran dari berbagai keturunan dengan Jerman (Aria). Jumlah penduduk Jerman tahun 2004 adalah 82.495.000 jiwa. Kepadatan penduduknya adalah 242 jiwa/km Penduduk asli Jerman berasal dari campuran suku bangsa Teutonia dan Kelt. Kemudian terjadi pembauran dengan suku bangsa Slavia dari timur. Daerah terpadat berada di wilayah sepanjang lembah Sungai Rhein, Ruhr-Hannover, Kota Pelabuhan Hamburgdan Bremen, serta Nurnberg dan Munchen. Kota-kota terpadat di Jerman adalah Koln, Munchen, Hamburg, dan Berlin.
4) BudayaTingkat budaya bangsa Jerman umumnya tinggi, perkembangannya hampir sama dengan bangsa Inggris. Bahasa Jerman termasuk keluarga IndoEropa dari rumpun Germanic. Bahasa Jerman juga merupakan bahasa nasional dan bahasa ilmu pengetahuan di forum internasional. Di negeri ini, lahir para ahli berbagai ilmu pengetahuan, teknologi, dan  seniman yangbertaraf internasional. Sekitar 99% penduduk (tersebar di bekas Jerman Barat) menganutagama Kristen Protestan dan Katolik Roma.
5) Bentuk NegaraJerman merupakan negara yang berbentuk republik federal. Ibu kota negara adalah Berlin. Berdasarkan Undang-Undang Dasar 1949, berdirilah badan legislatif, yaitu Parlemen Federal (Bundestag) yang terdiri atas 662 orang yang dipilih setiap 4 tahun sekali. Selain itu, dibentuk pula Dewan Federal (Bundesrat) yang terdiri atas 68 orang, merupakan wakil-wakil pemerintahan negara bagian. Kekuasaan terbesar berada di tangan Bundestag, tetapi undang-undang mengenai wewenang negara bagian tak dapat disahkan tanpa persetujuan Bundestrat. Roda pemerintahan dilaksanakan oleh Dewan Eksekutif yang dipimpin oleh seorang kanselir (semacam perdana menteri) yang bertanggung jawab bukan kepada presiden, tetapi kepada majelis Bundestag sehingga kedudukan kanselir lebih berkuasa daripada presiden.
C. Amerika Serikat

Amerika Serikat adalah suatu negara yang terletak di Benua Amerika bagian utara. Ibu kota Amerika Serikat adalah Washington D.C. Amerika Serikat terdiri dari 50 negara bagian, tetapi ada 2 negara bagian yang letaknya terpisah jauh, yaitu Alaska yang letaknya dipisahkan dari Amerika Serikat oleh Kanada. Sementara, Hawaii yang merupakan negara bagian yang ke-50, terletak di Samudera Pasifik. Luas Amerika Serikat adalah 9.631.418 km
1) Keadaan AlamSecara astronomis, Amerika Serikat (tidak termasuk Alaska dan Hawaii), terletak pada garis lintang 24 LU – 49 LU dan 49 30’ BB – 125 BB. Adapun secara geografis, letak Amerika Serikat adalah sebagai berikut (tanpa Alaska dan Hawai):
a.       di sebelah utara adalah Kanada;b.      di sebelah selatan adalah Meksiko. Teluk Meksiko dan Selat Florida;c.       di sebelah barat adalah Samudera Pasifik;d.      di sebelah timur adalah Samudera Atlantik.
Negara bagian (ke-49), yaitu Alaska, batas-batasnya adalah sebagai berikut:a.       di sebelah utara adalah Laut Arktik;b.      di sebelah selatan adalah Samudera Pasifik;c.       di sebelah barat adalah Selat Bering, Laut Bering;d.      di sebelah timur adalah Kanada.
Negara bagian yang ke-50, yaitu Hawaii, batas-batasnya adalah dikelilingi oleh Samudera Pasifik Utara.
a) Bagian BaratAntara Samudera Pasifik dan Pegunungan Rocky terdapat dataran rendah yang sempit sebagian besar daerahnya bergunung-gunung, berlembah, gurun, maupun plato. Daerah barat ini dipengaruhi oleh angin Barat yang basah dan bertiup sepanjang tahun mengakibatkan curah hujannya tinggi.
Daerah San Fransisco sampai perbatasan dengan Meksiko beriklim subtropis, cocok untuk tanaman buah-buahan selatan (peer, anggur, apel, jeruk). Pegunungan Rocky membujur mulai dari Alaska sampai Meksiko. Pegunungan ini juga merupakan sumber atau mata air sungai-sungai yang mengalir bermuara ke Samudera Pasifik maupun Samudera Atlantik.Pitsburg Di sebelah barat Pegunungan Rocky, terdapat Pegunungan Sierra Nevada dan Pegunungan Cascade. Di Pegunungan Sierra Nevada terdapat air terjun Yosemite.Di antara Pegunungan Cascade, Pegunungan Sierra Nevada dan Pegunungan Rocky terdapatcekungan (lembah) atau basin yang disebut Great Basin

Advertisement
, Gurun Muhave, dan Dataran TinggiColorado. Di Daerah Great Basin (lembah yang luas), terdapat Danau Garam Besar(Great Salt Lake). Di samping itu juga terdapat geyser (sumber air panas yang memancar dari tanah secara berkala). Air panas yang disemburkan setinggi 70 meter. Geyser tersebut berada di Taman Nasional Yellowstone (Yellowstone National Park), merupakan objek wisata yang banyak dikunjungi para turis.
Dataran Tinggi Colorado lembahnya dialiri Sungai Colorado yang berliku-liku. Di kanan kirinya berupa tebing yang curam atau ngarai, yang dalam dan biasa disebut canyon, sehingga diberi nama Grand Canyon of Colorado.
b) Bagian TengahDi bagian tengah terdapat tanah datar yang luas, disebut The Great Plains, yang terletak antara Pegunungan Rocky-Pegunungan AppalachiaPegunungan Alleghany. Pada tanah dataran yang luas tersebut mengalir Sungai Missisippi (terpanjang ke-2 di dunia setelah Sungai Nil), termasuk anak-anak sungainya, yaitu Sungai Arkansas, Sungai Ohoi, Sungai Missouri dan sungai tersebut bermuara ke Teluk Meksiko.
Di sebelah utara tanah datar tersebut terdapat danau-danau, yaitu Danau Eire, Danau Ontario, Danau Superior, Danau Huron, Danau Michigan. Sungai Niagara mata airnya di Danau Eire dan bermuara ke Danau Ontario. Di situ terdapat air terjun Niagara. Air terjun Niagara, sebagian milik Kanada dan sebagian lagi milik Amerika Serikat.
c) Bagian TimurDi bagian timur terdapat pegunungan tua Appalachia membujur dari barat daya ke arah timur laut sampai ke Samudera Atlantik. Ciri pegunungan tua, puncak pegunungannya tumpul. Pegunungan tersebut lebih rendah dibandingkan dengan pegunungan yang ada di sebelah barat. Pegunungan Appalachia adalah pegunungan tua yang telah mengalami erosi danpelapukan.
2) IklimBerdasarkan letak astronomisnya, Amerika Serikat beriklim subtropis dan iklim sedang. Angin yang datang dari timur laut dari Samudera Atlantik bersifat basah dan membawa hujan yang dijatuhkan di daerah sebelah timur Pegunungan Rocky, dan dataran di Pantai Atlantik.Dataran pantai atau pesisir barat dan pantai timur beriklim laut dengan curah hujan yang tinggi sehingga banyak tumbuhan hutan. Amerika Serikat bagian tengah beriklim darat dengan ciri adanya sabana (yaitu padang rumput yang diselingi tumbuh-tumbuhan). Di Kaki Pegunugan Rocky ke sebelah timur terdapat daerah padang rumput (stepa atau prairi).Dareah yang beriklim subtropis adalah daerah Teluk Meksiko dan California. Dengan dicirikan adanya tumbuh-tumbuhan subtropis. Di Pegunungan Sierra Nevada terdapathutan Sequoia (pohon-pohon raksasa, tingginya mencapai lebih dari 100 meter, dan umur pohonnya dapat mencapai ribuah tahun).
3) PendudukJumlah penduduk Amerika Serikat tahun 2006 adalah 298.745.697 jiwa . Densitas atau kepadatan penduduknya adalah sebesar 298.745.697 : 9.631.418 = 30 jiwa/kmdengan luas wilayahnya 9.631.418 km2. Pemusatan penduduk Amerika Serikat di wilayah bagian timur, yaitu di pusat-pusat industri, misalnya New York, Chicago, Detroit, Boston, Philadelphia, Cleveland, Buffalo, Pittsburgh, dan Baltimore. Kota-kota di pantai baratyang padat penduduknya adalah Los Angeles dan San Francisco. Urbanisasi (perpindahan penduduk dari desa ke kota) sangat tinggi. Kota-kota yang penduduknya di atas 6 juta jiwa adalah New York, Chicago, Los Angeles, Philadelphia, Detroit, dan Houston.
Penduduk asli Amerika Serikat ialah orang Indian. Sekarang bertempat tinggal di negara bagian Oklahoma, California, New Mexico, North Carolina, dan Arizona. Sementara, dua per tiga dari jumlah penduduk Indian bertempat tinggal di 260 daerah khusus perkampungan Indian. Penduduk  Amerika Serikat yang sekarang disebut bangsa Amerika adalah dahulunyaorang-orang imigran dari Inggris, Belanda, dan Perancis.
Bahasa resminya adalah bahasa Amerika (bahasa Inggris). Agama yang dianut adalah Kristen, Katolik Roma, Yahudi, Hindu, Buddha, dan Islam. Mata uangnya adalah Dollar Amerika.
4) BudayaSumber daya manusia Amerika Serikat berkualitas tinggi. Hal tersebut disebabkan dalam bidang iptek banyak ahli-ahli dari Amerika Serikat, seperti ahli ekonomi, hukum, eksak, teknologi sampai ahli kedirgantaraan (ruang angkasa). Itulah sebabnya Amerika Serikat menjadi negara maju. Dalam bidang pendidikan, di negara-negara bagian Amerika Serikatwajib belajar berlaku sampai dengan 18 tahun atau 16 tahun. Pendidikan Dasar dan Menengah meliputi 12 tahun. Sesudah itu pendidikan lanjutan 2 tahun atau fakultas 4 tahun. Untuk bakaloriat (BA atau Bachelor of Arts) yang merupakan bagian atau terlepas dari pendidikan universitas. Di universitas orang bisa juga dididik menjadi wartawan, analisis,pustakawan, guru, ahli teknik dan sebagainya. Dalam bidang industri, Amerika Serikat maju pesat berkat teknologi dan modal besar yang tersedia serta adanya tenaga ahli dan tenaga terampil.
5) Bentuk PemerintahanBentuk negara Amerika Serikat adalah republik federal dengan nama resminya, yaitu United States of Amerika. Kepala negaranya adalah presiden. Presiden dipilih melalui pemilihan umum dan bertugas selama 4 tahun. Presiden adalah kepada negara kepala eksekutif (penyelenggara kekuasaan), panglima tertinggi angkatan bersenjata, dan pengambil prakarsauntuk pembuatan undang-undang. Presiden mengurus tentang hubungan luar negeri, juga memimpin partai politik yang mencalonkannya. Presiden tidak bisa diberhentikan, kecuali atas tuntutan atau gugatan. Amerika serikat mempunyai sistem politik berdasarkan 2 partai, yaitu Partai Demokrat dan Partai Republiken yang melalui pemilihan umum menguasaikekuasaan politik. Republik Federal Amerika Serikat, terdiri dari negara-negara bagiansebanyak 50 negara.  Untuk lebih jelasnya, lihatlah gambar 3.24 dan tabel 3.3berikut ini.
D. Jepang

Jepang disebut juga Negara Matahari Terbit dan dijuluki Negeri Sakura. Dahulu Jepang merupakan negara tertutup terhadap pangaruh asing. Selama dua abad (1639 – 1853), Jepang mengucilkan diri. Jepang mulai terbuka tahun 1854 dengan ditandatanganinya perjanjian dagang dengan Amerika Serikat. Perjanjian itu atas desakan Komodor Matthew Perry. Nama Jepang diberikan oleh orang Italia bernama Marcopolo, orang Jepang sendiri menamakannegerinya Nippon (Dai Nippon).
1) Keadaan AlamJepang terletak antara 30 LU – 47 LU dan antara 128 BT – 146 BT. Letak geografis Jepang paling strategis dibandingkan negara negara tetangganya di kawasan Asia Timur karena pelayaran maritim ke arah barat, timur, utara, dan selatan bersifat terbuka.Batas-batas wilayah negara adalahdi sebelah barat berbatasan dengan Laut Jepang dan Laut Cina Timur;di sebelah utara dengan Selat Soyadi sebelah timur dengan Samudra Pasifik dan,di sebelah selatan dengan Taiwan.
Jepang yang mempunyai luas 377.835 km berbentuk kepulauan yang terdiri atas empat buah pulau utama, yaitu Pulau Honshu (terbesar), Pulau Hokkaido (Yesso), Pulau Kyushu, dan Pulau Shikoku, serta pulau yang lainnya, yaitu Kepulauan Ryukiu. Jumlah pulau seluruhnya sekitar 3.000 buah membentuk daratan dari utara ke selatan sepanjang 1.900 km.
Permukaan daratan Kepulauan Jepang berelief besar karena berada di jalur rangkaian Pegunungan Muda Sirkum Pasifik. Oleh karena itu, kondisi geologinya labil. Dari Kepulauan Ryukiu sampai Pulau Hokkaido tersebar 192 buah gunung api (52 buah aktif dan 140 buah nonaktif). Gunung api yang tertinggi puncaknya, antara lain, Gunung Fuji (3.778 m), Gunung Ontake (3.185 m), Gunung Nori Kuratake (3.167 m), dan Gunung Yatsaga (2.899 m).
Di lepas pantai timur Kepulauan Jepang, di bagian dasar lautnya terbentuk Palung Tuscanari sedalam 9.435 meter. Dilihat dari sudut geologi, palung tersebut merupakan zona subduksi lempeng dasar Samudera Pasifik yang menghujam lempeng Kepulauan Jepang dan Asia Timur lainnya. Kondisi inilah yang menyebabkan di Kepulauan Jepang banyak terbentukgunung api dan sering diguncang gempa berat.
2) IklimSesuai dengan letak astronomisnya di antara 30 LU-47 LU. Kepulauan Jepang berada di daerah iklim sedang yang mengalami 4 musim (semi, panas, gugur dan dingin). Sesuai pula dengan letak geografis di antara daratan benua dan Lautan Pasifik serta wilayah berbentuk kepulauan, Jepang dipengaruhi angin-angin musim. Pada waktu musim dingin bertiup angin musim barat laut dari daratan Siberia (Rusia) dan Cina yang dingin bersalju. Akibatnya, di daratan pantai barat Kepulauan Jepang tertutup salju. Pada waktu musim panas bertiupangin musim tenggara dari Lautan Pasifik yang banyak menurunkan hujan. Perairan wilayah Jepang menjadi daerah pertemuan arus panas Kurosyiwo dari selatan dengan arus dingin Oyasyiwo dari Kutub Utara. Pengaruh dari pertemuan kedua massa arus tersebut adalah:
a.       menyejukkan udara pada waktu musim dingin, danb.      pertemuan keanekaan jenis ikan sehingga perairan Jepang menjadi daerah tangkapan ikan yang menguntungkan.
3) PendudukDilihat dari ciri-ciri fisiknya (kulit kuning, mata agak sipit, rambut kejur, dan tinggi badan sedang), Jepang termasuk induk bangsa Mongoloid. Penduduk aslinya disebut orang Ainu. Namun, kini mereka hampir punah. Berdasarkan data statistik akhir tahun 2002, jumlah penduduk Jepang sekitar 127.214.499 jiwa. Kepadatan penduduknya adalah 335 jiwa/kmJepang berhasil menghambat angka pertumbuhan penduduk alaminya dengan 0,3%/ tahun. Angka ini penting dalam perhitungan rencana pembangunan jangka panjang dalam menyongsong waktu jumlah penduduk mencapai lipat dua. Meskipun demikian, Jepang dihadapkan dengan masalah-masalah yang cukup rumit, karena wilayahnya yang tidak seberapa luas, persebaran penduduk yang tidak merata, dan kurang memungkinkandilaksanakan program transmigrasi. Kalau di Pulau Honshu, Shikoku dan Kyushu penduduknya sudah terlalu padat, maka di Pulau Hokkaido masih teramat jarang karena antara 7 – 8 bulan tanahnya tertutup salju.
4) Budaya Bangsa JepangBangsa Jepang dikenal sebagai bangsa yang rajin dan ulet pada bidang-bidang pekerjaan yang digelutinya serta pemberani dan taat kepada kaisarnya. Pada masa Perang Dunia ke I dan II terkenal dengan “semangat bushidonya”. Kebijakan pemerintah Jepang yang mengagumkan, antara lain:
a.       pada masa Restorasi Meiji membuka negerinya dari dunia luar dan menimba ilmu – teknologi dari dunia Baratb.      pembangunan Jepang mementingkan usaha meningkatkan kualitas sumber daya penduduknya dan,c.       hancurnya Jepang pada akhir Perang Dunia II (1945) dalam waktu yang relatif singkat berhasil tampil kembali menjadi negara industri terkemuka di Asia dan kini mendunia.
Di tengah-tengah kehidupan modern, bangsa Jepang tetap mempertahankan kebudayaan lama. Bahkan, beberapa tempat dijadikan objek pariwisata khas yang berhasil menjaring jutaan wisatawan mancanegara yang menguntungkan.
5) Bentuk PemerintahanNegara Jepang berbentuk kerajaan dengan kaisar sebagai kepala negara. Roda pemerintahan sehari-hari dilaksanakan oleh Dewan Menteri (kabinet) yang dipimpin oleh seorang perdana menteri. Perdana menteri bersama menteri-menterinya bertanggung jawab terhadap DPR dan Dewan Pertimbangan Kaisar. Ibu kota negara kerajaan ini berkedudukan di Kota Tokyo, yaitu kota metropolitan terbesar di Jepang.

Advertisement

Written by Ningsih

hidup adalah yadnya dan tidak ada yadnya yang sia-sia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Materi Pusat-Pusat Pertumbuhan dan Regionalisasi Pembangunan di Indonesia

Materi Karakteristik Negara Maju dan Berkembang