in

Pengertian Catur Yoga Marga Dan Bagiannya

Catur Marga atau Catur Yoga disebutkan adalah empat jalan atau cara umat Hindu untuk menghormati dan mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa atau Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

Sumber ajaran catur marga ada diajarkan dalam pustaka suci Bhagawadgita, terutama pada trayodhyaya tentang karma yoga marga yakni sebagai satu sistem yang berisi ajaran yang membedakan antara ajaran subha karma (perbuatan baik) dengan ajaran asubha karma (perbuatan yang tidak baik).

Catur Marga/yoga terdiri dari 4 bagian yaitu:

  • Bhakti Marga/Yoga adalah proses atau cara mempersatukan antam dengan brahman, berlandaskan rasa dan cinta kasih yang mendalam  kepada Sang Hyang Widhi Wasa. Kata bhakti berarti hormat,taat,sujud,menyembah, persembahan, kasih. 
  • karma Marga/yoga adalah jalan untuk mencapai kesempurnaan atau moksa dengan perbuatan, bekerja tampa terikat oleh hasil atau  kebajikan tampa pamrih.
  • Advertisement
  • Jnana Marga/yoga adalah cara ketiga setelah karma yoga untuk menyatukan diri dengan Tuhan. jnana artinya kebijaksanaan filsafat(Pengetahuan), jnana yoga berarti mempersatukan jiwatman dengan paramatman yang dicapai dengan jalan mempelajari ilmu pengetahuan dan filsafat pembebasan diri dari ikatan ikatan keduniawian.
  • Raja Marga/Yoga adalah suatu jalan mistik (rohani) untuk mencapai kelepasan atau moksa. ada tiga jalan pelaksanaanya yang ditempuh oleh para yogin yaitu melakukan tapa brata, yoga, dan samadhi
Advertisement

Written by Ningsih

hidup adalah yadnya dan tidak ada yadnya yang sia-sia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kumpulan Contoh Cerpen Bahasa Bali

Rangkuman Materi IPS Kelas 7