in ,

Pengertian Dan Pokok-Pokok Isi Purana – Agama Hindu

PURANA

a. Pengertian Purāna
            Purāna adalah sebuah Itihasa karena di dalamnya memuat catatan-catatan tentang berbagai kejadian yang bersifat sejarah. Tetapi memilih kedudukannya. Purāna adalah merupakan jenis kitab Upaveda yang berdiri sendiri, sejajar pula dengan Itihasa. Ini tampak kepada kita ketika membaca keterangan yang menjelaskan bahwa untuk mengetahui isi veda dengan baik, kita harus pula mengenal Itihasa. Kata Purãna berarti tua atau kuno. Kata ini dimaksudkan sebagai nama jenis buku yang berisikan cerita dan keterangan mengenai tradisi-tradisi yang berlaku pada jaman dahulu kala. Purāna adalah semacam kitab Sunnahnya dalam agama Hindu atau sebagai dasar untuk memahami Śila dan Ācāra.

B. Pokok-pokok isi Purāna

           Pada garis besarnya, hampir semuah Purāna memuat cerita-cerita yang secara tradisional dapat kita kelompokan kedalam lima hal yaitu :

a) Tentang Kosmogani atau mengenai penciptaan alam semesta.
b) Tentang hari Kiamat atau Pralaya.
c) Tentang Silsilah raja-raja atau dinasti raja-raja Hindu yang terkenal.
d) Tentang sejarah perkembangan dinasti Surya atau Suryawangsa dan Chandrawangsa.

           Kitab Purana banyak sekali memberikan keterangan yang bersifat mendidik, baik mengenai ajaran Ketuhanan (Theologi) maupun cara-cara pengamalannya. hanya saja sayangnya, sifat paedadogi yang diberikan sanagt disederhanakan dan pada umumnya satu kitab akan bersifat fanatik pada cara penerangan dan pendiriannya, sering tanpa disadari telah menimbulkan dampak yang memberi citera yang kurang menguntungkan seperti teori Theisme melahirkan konsep Pantheisme hanya karena sekedar untuk memberi contoh-contoh untuk yang kurang mendalam. Menurut catatan yan dapat dikumpulkan, pada mulanya kita memiliki kutang lebih 18 kitab Purana, yaitu mading-masing namanya adalah :

a) Brahmanda Purana                                         
b) Brahmawaiwarta Purana
c) Markandeya Purana
d) Bhawisya Purana
e) Wamana Purana
f) Brahma Purana atau Adhi Purana
g) Wisnu Purana
h) Narada Purana
i) Bhagawata Purana 
j) Garuda Purana
k) Padma Purana
l) Waraha Purana
m) Matsya Purana
n) Karma Purana
o) Lingga Purana
p) Siwa Purana
q) Skanda Purana
r) Agni Purana

         Selanjutnya yang perlu kita ketahui bahwa di Bali kita menemukan pula sejenis Purana yang dinamakan dengan nama kitab Purana pula, yaitu Raja Purana. Kitab Purana ini dapat kita tambahkan ke dalam delapan belas Purana yang ada. Kitab Raja Purana berisikan banyak catatan mengenai silsilah raja-raja yang pernah menerima di Bali dan hubungannya dengan Jawa.


Shiva, Dewi, Dewa, India, Hindu

Written by Ningsih

hidup adalah yadnya dan tidak ada yadnya yang sia-sia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pengertian Padewasan (Dewasa) Hari Baik Dalam Agama Hindu

Contoh Teks laporan Hasil Observasi Tentang Mobil