in

Soal Ekonomi Kelas X Tentang Konsep Badan Usaha

EKONOMI

SOAL:

  1. Jelasakan perbedaan antara perusahaan dan badan usaha atas dasar 4 tinjauan.
  2. Sebutkan jenis-jenis perusahaan yang ada di masyarakat atau di suatu negara
  3. Sebuutkan jenis-jenis badan usaha yang ada di masyarakat atau di suatu Negara
  4. Berdasarkan penggolongan jenis badan usaha di atas jelaskan perbedaan antara badan usaha yang ada di desa dengan di kota besar
  5. Nah sekarang cermati jenis usaha atau perusahaan apa yang ada di rumah atau dikeluargamu dan masing-masing berikan status badan usahanya
  6. Dalam situasi berkembangnya corona virus coba amati usaha atau perusahaan apa yang tutup total, yang sekedar berjalan dan yang bisa berjalan normal

JAWAB:

  1. Perbedaan antara badan usaha dengan perusahaan yaitu badan usaha merupakan kumpulan dari perusahaan-perusahaan yang tujuannya menghasilkan laba sedangkan perusahaan merupakan suatu lembaga yang tujuannya menghasilkan barang dan jasa.
    Pembahasan
    Kita tidak bisa memisahkan antara badan usaha dengan perusahaan,karena badan usaha dan perusahaan merupakan satu kesatuan yang saling mengikat, untuk mencapai tujuannya yaitu menghasilkan laba badan usaha memelukan perusahaan, yang merupakan suatu badan yang dapat menghasilkan barang dan jasa, dari hasil penjualan barang dan jasa itulah maka tujuan badan usaha dapat tercapai.
    Badan usaha yang ada di Indonesia, berdasarkan kepemilikannya dibagi menjadi 2 jenis yaitu:
    BUMN yaitu badan usaha milik negara yang sumber modalnya berasal dari kekayaan negara yang disisihkan, tujuan dari pendirian badan usaha milik negara ini yaitu mendapatkan keuntungan dan juga melayani masyarakat.
    BUMS yaitu badan usaha milik swasta yaitu badan usaha yang dimiliki perorangan atau sekumpulan orang yang sumber modalnya bisa dari dana pribadi atau dana yang dikumpulkan dari para investor dan juga masyarakat umum, tujuannya yaitu menghasilkan laba yang sebesar-besarnya.
    Secara umum perbedaan antara badan usaha dan perusahaan ini dapat kita lihat seperti badan usaha dapat berupa PT, CV, Firma dan Koperasi, sedangkan perusahaan dapat berupa pabrik, toko dan juga show room.
  2. Jenis-jenis perusahaan yang ada di masyarakat atau di suatu negara:
    • Perusahaan Ekstraktif
    • Perusahaan Industri atau Manufaktur
    • Perusahaan Agraris
    • Perusahaan Jasa
    • Perusahaan Dagang
  3. Jenis-jenis badan usaha yang ada di masyarakat atau di suatu negara:
    • Perusahaan Perseorangan
    • Firma
    • CV (Persekutuan Komanditer)
    • PT (Perseroan Terbatas)
    • Persero (Perseroan Terbatas Negara)
    • PD (Perusahaan Daerah
    • Perum (Perusahaan Negara Umum)
    • Perjan (Perusahaan Negara Jawatan)
    • Koperasi
    • Yayasan
  4. Advertisement
  5. BUMDes atau Badan Usaha Milik Desa adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan desa. BUMDes didirikan untuk menciptakan penguatan ekonomi desa maka berbeda dengan Persero yang hanya berorientasi profit, BUMDes memiliki visi untuk mendorong peningkatan ekonomi desa melalui unit usaha yang dijalankannya. Sedagkan Badan usaha milik daerah (BUMD) atau di kota besar adalah perusahaan milik pemerintah daerah yang didirikan dengan Peraturan Daerah dengan modal seluruh atau sebagian merupakan kekayaan daerah yang dipisahkan. Fungsi BUMD adalah melaksanakan kebijakan pemerintah daerah di bidang ekonomi dan pembangunan, pemupukan dana bagi modal pembanguan. BUMD juga berfungsi sebagai pendorong peran serta masyarakat dalam bidag usaha dan memenuhi kebutuhan barang dan jasa bagi kepentingan masyarakat yang tidak bisa dijalankan oleh perusahaan swasta. Secara operasional BUMD memiliki fungsi yang sama seperti perusahaan swasta yakni menawarkan kemampuan pengadaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Contoh BUMD adalah Perusahaan Air Minum (PDAM), Perusahaan Daerah Angkutan Kota (bus kota), Bank Pembangunan Daerah (BPD).
  6. Usaha dagang milik I Wayan Bayu yang berada dekat rumah saya, atau sering di sebut Sri Nadi atau Toko Pak Bayu ini status tokonya atau usahanya adalah sekedar berjalan karena jam buka dan tutupnya sudah ada yang menentukan dan tidak boleh Kumpul-kumpul, jadi orang yang berbelanja menjadi dibatasi atau berkurang karena wabah Virus Corona ini.
  7. Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat seperti Google, Apple, dan Microsoft menutup kantor sementara di Tiongkok karena wabah virus corona. Perusahaan yang juga terancam bangkrut atau tutup bergerak di bidang perkayuan dan vulkanisir ban ada di daerah Jawa Tengah tepatnya di Kabupaten Batang, Kendal, serta Demak. Perusahaan terancam tutup karena kelangkaan bahan baku dari China dan mereka tidak dapat melakukan produksi. Usaha yang sekedar berjalan adalah toko-toko kecil dan supermarket, seperti Indomaret, Alfamart, Cocomart dan lain-lain. Sedangkan perusahaan yang berjalan normal adalah Huawei Technologies yang tetap beroperasi di Negeri Tirai Bambu tersebut.
Advertisement

Written by Ningsih

hidup adalah yadnya dan tidak ada yadnya yang sia-sia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jenis-Jenis Perkawinan Di Bali

Adan Buron Lan Pianak Buron